Kamis, 14 Agustus 2014

Pengenalan Internet , Internet dan Pemanfaatannya , beberapa aplikasi internet

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi yang sangat pesat saat ini,  terutama dalam hal jaringan pada komputer atapun pada media media lain yang berkaitan dengan teknologi. Jaringan komputer tersebut dikenal dengan nama “INTERNET”. Dengan Internet dapat membawa pengaruh besar terhadap paradigma masyarakat saat ini, karena dengan internet  masyarakat mampu menjangkau sekat sekat geografis di seluruh wilayah kota maupun antar negara. Kebutuhan sehari-hari menuntut kita untuk sering tersambung ke internet. Melalui internet juga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan mengirim email /surat elektronik, membuat blog /menulis blog, hingga bersosialisasi di dunia maya atau biasa dikenal dengan jejaring sosial yang begitu diminati oleh semua kalangan. Berikut ulasannya,

Apa itu Internet.....?

Internet  (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer  yang saling terhubung keseluruh dunia tanpa batas geografis dan waktu. Jarinagn komputer menggunakan standar sistem  global  Transmission Control Protocol /Internet Protocol  Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakanInternet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking("antarjaringan").

Asal Mula terbentuknya Internet,
Sejarah dan Perkembangannya...

Jaringan Komputer berawal ketika George Stibitz dari Darthmouth Collage di New Hampshire pada bulan September 1940 menggunakan mesin teletip untuk mengirimkan beberapa masalah ke Complex Number Calculator di New York. George pun menerima balasan dengan alat yang sama. Kesuksesan inilah yang menarik perhatian ARPA.ARPA(Advanced Research Project Agency) merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat(1969).
Sehingga pada tahun 1962, seorang bernama J.C.R.Lickliader mengembangkan sebuah grup jaringan yang disbut dengan “Intergalatic Networks”, sebagai cikal bakal pengembangan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network)
 
Pada tahun 1964, seorang peneliti di Darthmouth menggembangkan sistem tersebut pada komputer. Pada tahun yang sama, MIT(Massachussetts Institute o Technology) membentuk grup penelitan yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs, dengan komputer bernama PDP-81 untuk mengarahkan dan mengatur koneksi telepon. di mana mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Tahun 1968, Paul Bran mengusulkan model jaringan yang terdiri datagram dan paket-paket yang dapat digunakan dalam jaringan sistem komputer.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek ARPANET adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada tahun 1969 mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu.

Pada bulan Oktober 1972 secara umum ARPANET diperkenalkan. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Dan dari situlah merupakan cikal bakal internet berkembang hingga detik ini.

Dampak Positif dan Negatif penggunaan Internet :

    Hal-hal positifnya :

  1. Sebagai media komunikasi
  2. Media pertukaran data
  3. Media untuk mencari informasi
  4. Mempermudah mencari informasi
  5. Lahan informasi berbagai bidang
  6. Sumber Penghasilan
  7. Kemudahan berbisnis
  8. Efisien tenaga, waktu, uang, jarak
   Hal-hal negatifnya :

  1. Mudah mengakses pornografi
  2. Banyak ditampilkan sadisme
  3. Cyber crime
  4. Hacker
  5. Perjudian on line
  6. Penipuan
  7. Kecanduan
  8. Penipuan

Pengertian Internet

internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet  adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan usaha swasta, masyarakat, akademis, dan pemerintah lokal untuk jaringan lingkup global yang dihubungkan oleh serangkaian luas teknologi jaringan elektronik dan optik. Internet membawa array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung surat elektronik.
Kebanyakan media komunikasi tradisional, seperti telepon dan televisi, mengubah bentuk maupun didefinisikan ulang dengan menggunakan teknologi Internet, sehingga menimbulkan berbagai layanan seperti Voice over Internet Protocol (VoIP) dan IPTV. Penerbitan surat kabar telah mengubah wajah ke situs Web, blog, dan web feed. Internet telah diaktifkan atau mempercepat penciptaan bentuk-bentuk baru interaksi manusia melalui pesan instan, Internet forum, dan situs jaringan sosial.Asal-usul Internet mencapai kembali ke penelitian pada tahun 1960-an, baik ditugaskan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mengembangkan proyek-proyek dari badan-badan militer untuk membangun kuat, kesalahan-toleran, dan jaringan komputer terdistribusi serta penelitian swasta. Penelitian ini dan periode pendanaan sipil tulang punggung US baru oleh National Science Foundation, serta pendanaan swasta untuk tulang punggung komersial melahirkan partisipasi seluruh dunia dalam pengembangan teknologi jaringan baru dan menyebabkan banyak penggabungan jaringan. Komersialisasi jaringan internasional di pertengahan tahun 1990-an, mengakibatkan mempopulerkan berikut aplikasi yang tak terhitung jumlahnya di hampir setiap aspek kehidupan manusia modern. Pada 2009, sebuah kuartal diperkirakan penduduk bumi menggunakan layanan dari Internet.

Pengertian Internet dari Segi Penulisannya

1. internet
Jaringan internet (huruf “i” kecil sebagai huruf awal) adalah suatu jaringan komputer yang mana komputer-komputer terhubung dapat berkomunikasi walaupun perangkat keras dan perangkat lunaknya berlainan (sering kali disebut juga internet-working)
2. Internet
Jaringan Internet (huruf “I” besar sebagai huruf awal) adalah jaringan dari sekumpulan jaringan (networks of networks) yang terdiri dari jutaan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan suatu aturan komunikasi jaringan komputer (protokol) yang sama. Protokol yang digunakan tersebut adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Istilah pertama (dengan huruf “i” kecil) merupakan istilah yang digunakan pada masa awal perkembangan internet. Seiring dengan makin meluasnya penggunaan internet, istilah kedualah (dengan huruf “I” besar) yang diterima oleh pengguna internet. Penulisannya pun berubah. Dari menggunakan huruf “I” besar menjadi huruf “i” kecil. Dengan adanya hubungan komunikasi lintas jaringan pada internet, setiap komputer yang terdapat di dunia dapat terbubung satu dengan yang lain. Hal inilah yang menyebabkan komunikasi di internet sangat cair. Karena penggunaan internet tidak mengenal batas negara, status ekonomi, idiologi dan faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat komunikasi dan pertukaran informasi di dunia nyata. Dengan alasan inilah, sebagian orang menyebut internet sebagai revolusi di bidang teknologi dan informasi.

Manfaat Internet

Sebenarnya manfaat internet sangat banyak sekali salah satu contoh gampangnya adalah anda terhubung atau bisa mengunjungi blog ini karena adanya koneksi internet. Nah kalo tidak ada koneksi internet tentu saja anda tidak akan bisa berkunjung ke Blog ini. Hhehe. Selain itu internet juga memiliki manfaat umum di antaranya :
  • Sebagai media melakukan transfer file
  • Transfer file yang dimaksud adalah untuk melakukan akses pada server lain yang jaraknya jauh, baik secara anonymous FTP (File Transfer Protocol) maupun yang bukan anonymous FTP.
  • Sebagai sarana mengirim surat (email).
  • Sebagai surat pembelajaran dan pendidikan.
  • Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran.
  • Melakukan mailing list, newsgroup, dan konferensi.
  • Mailing list atau newsgroup digunakan untuk melakukan diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu bagi netter (pengguna internet) yang memiliki masalah dan topic yang sama.
  • Chating
  • Chatting adalah sarana internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsung melalui tulisan ataupun lisan.
  • Mesin pencari (search engine)
  • Mesin pencari (search engine) merupakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita butuhkan secara cepat.
  • Untuk mengirim SMS ke telepon seluler.
  • Sarana entertainment dan permainan.
  • Berbagi pakai file.
  • Menyimpan file multimedia seperti, audio, foto, dokumen, maupun video
  • Menjalin persahabatan / mencari teman baik local maupun mancanegara dengan situs jejaring sosial.
  • Menyalurkan ide kreatif ide melalui blogging
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_internet_masa_k 

 Berbagai aplikasi internet
Aplikasi Internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang ada di dalam internet.Aplikasi-aplikasi di Internet kemudian digunakan dalam segala bidang seperti akademis,militer,medis,media massa,dan berbagai sektor industri lainnya.
Contoh Aplikasi Internet: www,electronik mail,mailing list newsgroup,internet relay chat,file transfer protokol ,telnet,gopher,dan ping.
Fungsi dan Pengertian aplikasi yang ada di dalam internet
1.WWW( WORLD WIDE WEB)
Aplikasi yang paling menarik di internet dan seperti e-mail.Web dibuat dengan format hypertext dan hypermediadengan menggunakanHTML.HTML memiliki kemampuan untuk mrnghubungkan(link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain.HTML dapat memuat:teks,gambar,animasi, audio dan vidio.
2.E-mail (Electronic Mail)
yaitu salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak di internet,karena e-mail merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat.konsep e-mail adalah seperti anda mengirimkan surat di pos biasa,dengan beralamatkan tempat yang anda tuju.Dengan e-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan sangat cepat.E-mailjuga dapat digunakan untuk mengirim file-file(program gambar,grafik dsb)
3.Mailing List(MILIS)
yaitu aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.Milis merupak bentuk lain dari e-mail dan memiliki sifat yang sama dengan e-mail.digunakan oleh kelompok- kelompok untuk bertukar informasi dan bediskusi sesama anggota kelompok.
4.Newgroup
yaitu forum pebincangan atau boleh dibayangkan sebagai suatu tempat dimana terdapat ruangan-ruangan perbincangan yang unik,dan tiap-tipa ruang memiliki topik perbincangan yang berbeda.Newgroup juga dianggap sebagai BULLETIN BOARD yang ada di sekolah atau kantor,dimana setiap orang boleh meletakkan artikel-arikel atau pendapat-pendapatnya.
5.Internet Relay Chat(IRC)
yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet atau yang biasa disaebut dengan istilah chatting.Chatting dapat dilakukan dengan cara mengetik teks dan mengirimkannya kepada teman chatting anda.Melalui chatting kita dapat berkenala dan bercerita dengan orang-orang yang ada di seluruh dunia.
6.File Transfer Protocol(FTP)
yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain.Digunakan untuk mencari dan mengambil(dwonload) arsip file di suatu server diinternet.FTP juga digunakan untuk meng-ulpoad file materi situs(homepage) sehingga dapat diakses oleh pengguna dari pelosok dunia.
7.Talent
yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.Dapat digunakan apabila mempunyai alamat IP(IP address) dari komputer yang akan diakses dan juga harus mempunyai hak akses (User ID dan password)
8.Gopher
yaitu aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada diinternet.Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks.Untukmendapatkan informasi dari Gopher ,kita harus menghubungkan diri dari gopher server yang ada di intrnet.
9.Ping/paket internet gopher
Untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan mempunyai sambungan(terkoneksi) dengan komputer lain di internet.Melalui aplikasi yang ada di internet keuntungan yang dirasakan antara lain sebagai berikut:
a. sarana untuk mendapatakan & menyampaikan informasi yang cepat dan murah.
b.mengurangi biaya kertas & biaya distribusi.
c.sebagai media promosi.
d.sarana komunikasi interaktif.
e. sebagai alat RESEARCH & DEVELOPMENT.
f.sarana untuk bertukar data.
 Sumber : http://chikasiscaminoz.wordpress.com/berbagai-aplikasi-di-internet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar